Sahabat semua, Kalau ada seseorang yang bertanya kepada Anda “Berapa harga Anda???” Maka apa yang akan Anda katakan? Apakah Anda akan bingung menjawab pertanyaan tadi, atau Anda hanya akan melongo seperti orang bego? Hehe.. Sahabat semua harga Anda ditentukan oleh beberapa hal. Yang pertama adalah Dimana tempat Anda berada sekarang. Mungkin Anda bertanya, “Mengapa tempat saya berada sekarang mempengaruhi Harga saya?” Saya akan memberikan gambaran tentang Kisah sebotol Aqua. Ya, pastinya sahabat-sahabat semua sudah mengenal baik bukan air minum merk Aqua?

Ternyata setiap harinya botol Aqua diproduksi dari pabrik yang sama, dengan proses yang sama, isi yang sama, dan juga botol yang sama. Dan dari botol – botol itu pun diantarkan dan didistribusikan menggunakan truk yang sama. Di pemberhentian pertama, botol Aqua tersebut diturunkan di sebuah warung dan akhirnya botol Aqua tersebut dipajang untuk dijual di warung tersebut dan diberikan harga Rp 2000/ botolnya. Lalu botol Aqua yang lain di pemberhentian berikutnya diturunkan di sebuah restoran cepat saji dan dijual dengan harga Rp 5000/ botolnya. Dan di pemberhentian yang lain, botol Aqua tersebut diturunkan di sebuah Restoran Hotel Bintang 5 dan dihargai dengan harga Rp 15.000/ botol. Pertanyaannya adalah “Mengapa harga botol Aqua tersebut bisa berbeda, padahal merknya sama, isinya sama, botolnya juga sama?” Ya, yang menjadikan harganya bisa berbeda karena tempat menjualnya yang berbeda. Oleh karena itu, Harga Anda berbanding dengan tempat dimana Anda berada sekarang. Maka kalau Anda ingin dibayar dengan harga tinggi, maka segeralah cari lingkungan yang membuat diri Anda semakin bernilai.

Yang kedua, yang menentukan Harga Anda adalah Siapa Rekan-rekan Anda sekarang? Kalau saat ini Anda memiliki rekan-rekan seorang pecandu narkoba, preman pasar, orang yang kerjanya luntang-lantung (baca: pengangguran), orang yang setiap harinya galau dan hanya bisa mengeluh maka Harga Anda pun tidak akan jauh dengan mereka. Namun apabila rekan-rekan Anda adalah seorang Pengusaha sukses, Motivator, Manajer, Direktur, Ustad, pejabat dan orang-orang sukses lainnya, maka orang lainpun akan menghargai Anda tinggi. Maka mari kita tengok siapa sahabat dan rekan-rekan kita saat ini??? Lebih banyak rekan orang suksesnya atau justru yang sebaliknya? Kalau Anda merasa rekan-rekan Anda lebih banyak orang suksesnya, maka selamat. Anda berhak menaikkan tarif Harga Anda..

Yang ketiga, yang menentukan Harga Anda adalah seberapa besar kontribusi dan manfaat yang Anda berikan kepada orang lain. Semakin Anda memiliki kontribusi bagi orang lain, maka diri Anda akan semakin bernilai. Dan orang yang memiliki nilai dan manfaat sudah pasti mereka memiliki Harga yang tinggi. Lihat saja Bill Gates yang memiliki Microsoft. Zaman teknologi sekarang siapa yang tidak membutuhkan teknologi komputer? Karna Bill Gates melahirkan karya yang memiliki kontribusi besar terhadap orang lain, maka tak heran Bill Gates saat ini menjadi orang paling terkaya di dunia karena di dibayar dengan harga yang sangat tinggi atas kontribusi dan karyanya. Atau coba kita tengok seorang motivator luar biasa Pak Mario Teguh. Siapa yang tak kenal motivator yang satu ini? Pak Mario Teguh memiliki nilai yang Luar Biasa karna manfaat yang dia berikan kepada orang lain melalui motivasi dan inspirasinya, sudah ratusan ribu bahkan jutaan orang yang terinspirasi dan berubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik karena motivasi yang beliau sampaikan. Maka tak heran harga seorang Mario Teguh adalah 8000 USD / jamnya. Wow Harga yang sangat fantastis bukan??? Jadi itulah harga yang harus dibayar kalau Anda ingin mengundang Mario Teguh untuk berbicara selama 1 jamnya. Maka diingat ya poin yang ketiga ini, kalau Anda ingin dibayar dengan harga yang tinggi, maka perbesar kualitas diri Anda, perbesar kontribusi Anda terhadap orang lain dan teruslah berkarya.

Selamat Berjuang memantaskan diri. Karena diri Anda sangat berharga dan pantas dibayar tinggi!!!

Ari Hadipurnama (Mind Inspirator)
Founder, Director & Master Trainer De’Miracle 37
@arihadipurnama

Iklan