Salam Keajaiban!!!

Teman-teman, apakah kamu pernah memiliki sebuah pengalaman yang tidak akan pernah dan tidak akan bisa dilupakan dalam hidupmu? Ya, saya yakin teman-teman semua pernah mengalami suatu pengalaman dimana pernah merasakan perasaan sangat bahagia, gembira, sedih, bingung, dan perasaan lainnya yang bercampur aduk mengisi hidup kita selama ini. Ya, pengalaman – pengalaman yang mungkin tidak akan bisa kita lupa. Dimana pengalaman saat kita merasakan berbagai perasaan tersebutlah yang akhirnya membentuk pribadi kita menjadi seperti sekarang.

Masih ingat pengalaman saat pertama kali belajar naik sepeda? Ya, mungkin saat itu pengalaman kita bercampur aduk antara perasaan takut terjatuh, dan rasa penasaran untuk terus mencoba sampai bisa. Pada awalnya kita mencoba dari yang termudah, yaitu dengan menggunakan bantuan roda tambahan (alias sepeda roda empat), lalu setelah kita lancar menggunakan roda empat, kita melepas roda bantuan tersebut dengan hanya menggunakan roda dua. Setelah itu kita belajar melatih keseimbangan sepeda sambil dibantu dipegangi sepedanya oleh ayah kita, lalu dicoba untuk dilepas sendiri.  Mungkin dalam prosesnya saat kita belajar naik sepeda, kita terjatuh dan mengalami luka-luka, berkeringat dan kotor. Pastinya juga saat kita terluka, rasanya sakit. Namun karena orang tua kita terus menyemangati, akhirnya kita mencoba lagi. Ketika terjatuh, kita bangun lagi. Terjatuh, bangun lagi dan begitu seterusnya sampai akhirnya tanpa kita sadari kita sudah lancar menaiki sepeda tersebut.

Kejadian yang sama bahkan sudah pernah kita alami saat pertama kali belajar berjalan. Teman-teman masih ingat saat pertama kali belajar berjalan? Wah, kalau sudah lupa coba saja lihat adik kita yang masih balita, atau anak tetangga atau anak saudara kita yang sedang belajar berjalan, atau anak kita sendiri kalau yang sudah punya anak. Ketika anak kecil pertama kali belajar berjalan, mereka berusaha susah payah menyeimbangkan tubuhnya untuk berdiri, dan kemudian dengan takut – takut mencoba untuk melangkah. Satu langkah, dua langkah dan akhirnya terjatuh. Saat terjatuh mungkin anak kecil tersebut menangis karena kesakitan, tapi apakah anak kecil tersebut kapok untuk belajar berjalan lagi? Tidak. Anak kecil tersebut tidak pernah kapok untuk berjalan walau akhirnya terjatuh dan menangis. Tapi anak kecil tersebut tidak menyerah dan terus bangun lagi dan berjalan lagi sampai akhirnya bisa lancar berjalan, bahkan ketika sudah lancar berjalan, anak kecil tersebut belajar lagi untuk berlari. Wah luar biasa. Anak kecil saja sudah mengerti tentang arti pantang menyerah. Karena mungkin kalau anak kecil tersebut terjatuh dan menangis karena kesakitan, kemudian dia memutuskan tidak mau mencoba berjalan lagi, mungkin anak kecil tersebut tidak akan pernah bisa berjalan seterusnya. Bayangkan kalau kita dulu memutuskan untuk menyerah belajar berjalan, mungkin sampai saat ini kita tidak akan pernah bisa berjalan.

Nah, teman-teman banyak pelajaran yang bisa kita petik dari pengalaman kita saat pertama kali belajar berjalan atau bersepeda. Ya, sebenarnya pelajaran tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan ini. Ketika kita memutuskan untuk memulai langkah kita untuk mencapai impian kita, pastinya banyak halangan, rintangan dan cobaan untuk mencapainya. Mungkin halangan tersebut begitu berat sehingga membuat kita terjatuh, namun ketika kita berusaha bangkit dan melangkah kembali, namun kemudian jatuh, kita bangkit lagi, maka kita akan mencapai impian kita. Ya, karena orang yang gagal adalah orang yang memutuskan untuk berhenti, tanpa dia sadari kesuksesan hanya tinggal satu langkah lagi. Sedangkan orang yang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, justru orang yang sukses adalah orang yang sering mengalami kegagalan, namun dia memutuskan untuk bangkit kembali dari kegagalannya dan memulai kembali langkahnya hingga akhirnya kesuksesan diraihnya.

Teman-teman, jangan pernah takut dan trauma terhadap kegagalan. Tetapi jadikanlah kegagalan menjadi guru terbaikmu. Karena daripada hanya berdiam diri, lebih baik melangkah walaupun harus terpeleset dan terjatuh, akan tetapi banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari rasa sakit akibat terjatuh tersebut. Karena rasa sakit itulah yang membuat mental kita terbentuk menjadi mental seorang pemenang. Dan orang yang berani bangkit dan belajar dari kegagalanlah seorang pemenang sejati.

CARI SEBANYAK-BANYAKNYA KEGAGALAN, MAKA KAU AKAN MENEMUKAN KEBERHASILAN DIBALIKNYA.

Selamat mencari kegagalan!!!

 

 

 

Jatinangor,20/10/10

Ari Hadipurnama

Trainer Mind Inspirator De’Miracle 37

Iklan